Khasiat dan Manfaat Kelapa Muda Bakar Serta Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Khasiat dan Manfaat Kelapa Muda Bakar Serta Cara Mengolahnya Menjadi Obat
pohon kelapa

Topik Referensi.Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai Tropika dunia.

Manfaat Air Kelapa Muda


Air Kelapa Muda mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari membantu menurunkan berat badan, menetralisir racun, mengatasi dehidrasi, melancarkan pencernaan, menghambat perkembangan radikal bebas dalam tubuh, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya, mengatasi kerontokan rambut, dan masih banyak lagi.
Hal ini tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi dalam kelapa muda seperti mineral berupa potasium, kalsium, fosfor, dan zat besi, protein, lemak, vitamin C, serta karbohidrat.

Kelapa Muda Bakar

Khasiat dan Manfaat Kelapa Muda Bakar Serta Cara Mengolahnya Menjadi Obat
Minuman Kelapa Muda

Apakah kamu pernah mendengar kalau kelapa muda dibakar. Minuman yang satu ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Khasiat dari ramuan minuman kelapa mudah bakar ini adalah yang mampu menyembuhkan penyakit asam urat dan meredakan tenggorokan besrta menambah stamina dan kekebalan tubuh. Kelapa muda yang dibakar dan diramu menjadi salah satu obat ramuan yang sangat banyak akan manfaat dan  berkhasiat Luar biasa bagi tubuh manusia, minuman kelapa bakar hangat ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kelapa bakar merupakan kelapa muda yang melalui proses pembakaran pada tungku atau alat pemanggang lain selama kurang lebih 3-4 jam hingga dipastikan air di dalamnya sudah mendidih serta daging kelapa sudah lunak dan saripatinya bercampur dengan air kelapa.

Setelah melalui proses pembakaran yang cukup lama tentu air kelapa ini menjadi panas sehingga perlu didinginkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
Kemudian air kelapa ini bisa langsung diminum. 

Namun para penjual kelapa bakar biasanya menambahkan bahan-bahan tambahan seperti susu, madu, atau gula aren untuk menambah rasa.

Kemudian bisa juga ditambahkan telur serta air rebusan rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, kedaung, kapulaga, sereh, dan daun pandan untuk menambah manfaatnya.


Manfaat Air Kelapa Muda Bakar Bagi Tubuh

Air kelapa muda bakar yang diyakini mengandung Manfaat yang dapat menyembuh kan berbagai macam penyakit seperti :

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meminum air kelapa bakar dipercaya dapat mengatasi kondisi tubuh yang lesu dan lemas sehingga bersemangat kembali dan daya tahan tubuhnya kembali membaik. Air kelapa bakar yang hangat terasa meresap ke dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin merupakan penyakit yang sangat umum melanda rakyat Indonesia.
Mengapa dikatakan demikian?
Karena memang di negara lain tidak dikenal penyakit masuk angin.
Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti badan meriang, perut kembung, lelah, demam, pilek, sering mengantuk, mual, diare, serta kurang nafsu makan.
Meminum air kelapa bakar juga dipercaya dapat mengatasi masuk angin.
Airnya yang hangat serta campuran air rempah-rempah dapat menghangatkan tubuh dan meredakan masuk angin.

Mengatasi Diabetes

Diabetes atau yang dikenal juga dengan kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh gaya hidup yang salah.
Meskipun faktor keturunan turut berpengaruh namun gaya hidup yang salah juga memegang peranan penting timbulnya diabetes.
Dengan rajin meminum air kelapa bakar dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit diabetes.
Tentu saja penyajiannya tanpa tambahan pemanis seperti madu dan susu.

Mengatasi Batu Ginjal

Penyakit lainnya yang juga dapat diatasi dengan meminum air kelapa bakar adalah penyakit batu ginjal.
Penyakit ini terjadi karena adanya pembentukan material keras seperti batu pada ginjal yang menyebabkan
seseorang merasakan gejala nyeri pinggang, kencing berdarah, atau gejala lainnya. Menurut pengalaman
orang-orang meminum air kelapa bakar ternyata juga dapat meluruhkan batu ginjal sehingga material tersebut dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.
Mempercepat Kehamilan
Minuman ini juga dipercaya dapat membantu terjadinya kehamilan pada para wanita yang sulit hamil.

 Meskipun manfaat-manfaat di atas belum terbukti secara ilmiah karena memang belum dilakukan penelitian mendalam terhadap kelapa bakar namun pengalaman orang-orang yang telah meminumnya juga tidak dapat dipungkiri.

Bisa jadi juga penambahan air rebusan rempah-rempah turut mempengaruhi berbagai manfaat dari kelapa bakar tersebut.Karena seperti yang kita ketahui rempah-rempah seperti jahe merah, sereh, kayu manis, dan lain sebagainya kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Selain itu di yakini juga dapat menyembuhkan penyakit lain seperti Asam Urat,Kolestrol,Darah Tinggi,Kencing Batu.
Sehingga tidak ada salahnya mengonsumsi minuman yang satu ini.

Rasanya enak, menghangatkan tubuh, plus berbagai manfaat lainnya seperti yang telah dijabarkan di atas.
Jika sulit menemukan penjual kelapa bakar anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Beli saja kelapa muda di penjual terdekat dan kemudian jerangkan di atas kompor yang ada di rumah.
Kemudian campurkan berbagai bahan yang disukai seperti susu, madu, dan tak lupa rempah-rempah.
Dan kelapa bakar pun siap disantap.


Cara Mengolah Kelapa Muda Bakar Menjadi Obat


Cara pengolahan minuman Kelapa Muda Bakar merupakan buah kalapa hijau muda yang dibakar kurang lebih selama 3-4 jam hingga air dalam buah kelapa mendidih. Setelah itu baru diberi campuran bahan tambahan rempah seperti :

1. Jahe
2. Kayu manis
3. Kapulaga
4. Cengkeh
5. Sereh
6. Telur
7. Madu
8. Kedaung
9. Daun pandan

Untuk rempah-rempah yang digunakan biasanya akan direbus atau digodog terlebih dahulu hingga matang, sehingga mendapatkan sari-sarinya yang ber khasiat.
Dengan cara membuat nya yang dibakar terlebih dahulu membuat Minuman Kelapa Muda Bakar ini hangat mempunyai rasa air dan buah kelapa yang sangat berbeda dengan kelapa muda yang tidak dibakar. Rasa air degan terasa lebih manis dan daging dengan lebih terasa gurih dan enak, minuman kelapa muda bakar yang pasti sangat berkhasiat.

Cara membuat minuman Kelapa Muda Bakar sebenar nya sangat mudah, kita harus lebih bersabar saat proses pem bakaran sebuah kelapa muda agar air nya mendidih.
Bahan-bahan Minuman Kelapa Muda Bakar:

1. Kelapa muda hijau 1 bh
2. Sirup gula 3 sdm
3. Susu kental manis secukupnya
4. 2 sdm ramuan ( jahe merah, ginseng,gula aren, kayu manis, atau campuran  lain untuk menambah khasiat )
5. Madu 2 sdm
6. Telur ayam kampung 1 butir
Untuk penggunaan air ramuan dan telur itu sebenar nya di khusus kan untuk yang ingin menambah stamina dan pengobatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak