Bahan Resep dan Cara Menyajikan Masakan Ikan Mas Na Ni Ura

Topik Referensi RESEP MASAKAN  kali ini akan memberikan salah satu resep yang terkenal dari tanah batak sumatera utara, masakan ini banyak diminati dari berbagai kalangan atau pun masyarakat setempat yang berdomisili dikampung halaman sumatera utara. karena masakan ini sangat unik dan khas,sehingga di klaim mampu mengundang banyak wisatawan luar untuk mencicipinya.masakan yang sangat unik dan khas ini di namakan ikan mas naniura.

Ikan mas naniura ini adalah ikan mas yang tidak dimasak dengan cara digoreng, direbus maupun di panggang. Dimana masyarakat sumut atau suku batak toba yang menjadikan masakan ini sebagai hidangan pada acara tertentu atau pada zaman dulu disajikan pada raja adat setempat.

Cara proses nya pun tidak lah terlalu rumit.meski tidak dimasak ikan mas naniura ini kalau dilihat begitu saja dihidangkan layak nya sudah melalui proses pematangan,pada hal proses penyajianya hanya menggunakan rempah alami yaitu asam dan rempah alam lain nya, Asam adalah bahan utama dari ikan mas naniura tersebut.

lalu apa saja Bahan Resep dan Cara Menyajikan Masakan Ikan Mas Na Ni Ura? berikut penjelasanya:

Topik Referensi RESEP MASAKAN  kali ini akan memberikan salah satu resep yang terkenal dari tanah batak sumatera utara, masakan ini banyak diminati dari berbagai kalangan atau pun masyarakat setempat yang berdomisili dikampung halaman sumatera utara. karena masakan ini sangat unik dan khas,sehingga di klaim mampu mengundang banyak wisatawan luar untuk menccipinya.masakan yang sangat unik dan khas ini di namakan ikan mas naniura.    Ikan mas naniura ini adalah ikan mas yang tidak dimasak dengan cara digoreng, direbus maupun di panggang. Dimana masyarakat sumut atau suku batak toba yang menjadikan masakan ini sebagai hidangan pada acara tertentu atau pada zaman dulu disajikan pada raja adat setempat.    Cara proses nya pun tidak lah terlalu rumit.meski tidak dimasak ikan mas naniura ini kalau dilihat begitu saja dihidangkan layak nya sudah melalui proses pematangan,pada hal proses penyajianya hanya menggunakan rempah alami yaitu asam dan rempah alam lain nya, Asam adalah bahan utama dari ikan mas naniura tersebut.    lalu apa saja Bahan Resep dan Cara Menyajikan Masakan Ikan Mas Na Ni Ura? berikut penjelasanya:    Resep masakan ikan mas naniura suku batak toba   Resep masakan ikan mas naniura suku batak toba    Bahan Resep Menyajikan Ikan Mas Na Ni Ura   2 ekor ikan mas ukuran sedang 5 buah asam dan bumbu halus nya BUMBU HALUS 8 butir kemiri , belah dua lalu sangrai 1 sdm ketumbar, sangrai hingga harum jahe secukup nya kunyit secukup nya 2 cm lengkuas 10 butir bawang merah 1 siung bawang putih 1 sdm Andaliman 5 10 buah cabe rawit 1 batang kecombrang, rebus sebentar Garam secukupnya   Cara Menyajikan Masakan Ikan Mas Na Ni Ura     Bershkan ikan dengan air mengalir, buang insang, isiperut dan juga sisik nya Belah ikan menjadi dua bagian, sisihkan Sementara itu peras asam, lalu rendam ikan yang sudah dibersihkan dengan asam jungga tersebut selama 2 jam Setelah dua jam cabut duri dan tulang ikan sampai menyisakan dagingnya saja. Ambil wadah lalu lumuri ikan dengan bumbu halus sampai rata, diamkan sekali lagi selama 2 jam Terakhir hidangkan sesuai selera.   Semoga apa yang tercantum pada artikel resep masakan ikan mas naniura dari sumatra utara ini memberikan pengetahuan tentang memasak dan bermanfaat untuk semua Kalangan, jangan lupa untuk mencobanya di rumah.silahkan saling berbagi pengetahuan buat yang lainya supaya pada tau tentang resep masakan yang istimewa.    itulah Bahan Resep dan Cara Menyajikan Masakan Ikan Mas
Resep masakan ikan mas naniura suku batak toba

Bahan Resep Menyajikan Ikan Mas Na Ni Ura


  1. 2 ekor ikan mas ukuran sedang
  2. 5 buah asam dan bumbu halus nya
  3. BUMBU HALUS
  4. 8 butir kemiri , belah dua lalu sangrai
  5. 1 sdm ketumbar, sangrai hingga harum
  6. jahe secukup nya
  7. kunyit secukup nya
  8. 2 cm lengkuas
  9. 10 butir bawang merah
  10. 1 siung bawang putih
  11. 1 sdm Andaliman
  12. 5 10 buah cabe rawit
  13. 1 batang kecombrang, rebus sebentar
  14. Garam secukupnya

Cara Menyajikan Masakan Ikan Mas Na Ni Ura



  • Bershkan ikan dengan air mengalir, buang insang, isiperut dan juga sisik nya
  • Belah ikan menjadi dua bagian, sisihkan
  • Sementara itu peras asam, lalu rendam ikan yang sudah dibersihkan dengan asam jungga tersebut selama 2 jam
  • Setelah dua jam cabut duri dan tulang ikan sampai menyisakan dagingnya saja.
  • Ambil wadah lalu lumuri ikan dengan bumbu halus sampai rata, diamkan sekali lagi selama 2 jam
  • Terakhir hidangkan sesuai selera.

Semoga apa yang tercantum pada artikel resep masakan ikan mas naniura dari sumatra utara ini memberikan pengetahuan tentang memasak dan bermanfaat untuk semua Kalangan, jangan lupa untuk mencobanya di rumah.silahkan saling berbagi pengetahuan buat yang lainya supaya pada tau tentang resep masakan yang istimewa.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak